Apa Itu Rug Pull Crypto? Simak Penjelasan dan Cara Menghindari


Apa Itu Rug Pull Crypto? Simak Penjelasan dan Cara Menghindari – Selainnya factor risiko dan fluktuasi yang tinggi, dunia kripto dapat termasuk tidak 100% aman karena ada istilah rug pull. Ini yang mewajibkan beberapa investor harus waspada dan menganalisis dengan matang saat sebelum lakukan investasi.

Lalu sebetulnya apakah arti rug pull crypto? Dan bagaimana itu dapat terjadi? Lantas bila ingin melakukan investasi bagaimanakah cara menghindariinya? Pada ulasan berikut bakal ada penuturannya dengan detil dan terinci.

 

Mengenal Arti Rug Pull

Secara bahasa, rug pull datang dari bahasa inggris yang mempunyai makna “menarik karpet”. Tujuannya yakni ambil satu support secara mendadak dari beberapa orang.

Bila ditranslate ke dunia kripto, karena itu makna rug pull ialah saat developer tinggalkan satu project atau asset kripto demikian saja dan bawa uang-uang yang telah ditanamkan oleh beberapa investor.

Dilansir dari prayoga.id Ini terjadi saat likuiditas lenyap secara mendadak hingga asset alami rugi besar. Selanjutnya investor akan jual dan selamatkan yang mereka punyai. Perlakuan itu disebutkan keluar scamming, yakni saat developer kuras DEX. Ini menyebabkan pemegang token tidak dapat berdagang dan terjerat dalam permasalahan.

 

Bagaimana Rug Pull Crypto Dapat Terjadi?

Umumnya rug pull terjadi pada DEX atau transisi terdesentralisasi. Langkah mainnya yakni kurang lebih sebagai berikut ini:

  • Developer membuat token dan memberikannya pada DEX. Sebagai bujukan, dia akan memasangnya dengan uang kripto terkenal seperti Ethereum
  • Untuk memancing banyak investor, developer membuat beragam langkah yang menggegerkan. Seperti kesan pada media sosial, membuat komune, menyuntikkan modal likuid pada barisan mereka, dan lain-lain.
  • Ini juga mengundang banyak investor untuk masuk.
  • Bila telah banyak investor yang masuk dan menggantikan coin ethereum punya mereka, developer juga menarik semua dari kolom likuiditas
  • Karena itu harga coin juga jadi 0.
  • Investor juga kehilangan asetnya dan alami rugi besar sekali.

 

Cara Mudah Menghindari Rug Pull

Tetapi tidak boleh cemas, sebagai calon investor, Anda dapat terus menghindar rug pull dengan beragam langkah berikut:

1. Ketahui Orang-Orang Dibalik Asset Itu

Satu asset yang paling dipercaya tentu terbagi dalam beberapa orang yang luar biasa atau paling dipercaya juga. Karena itu Anda dapat memeriksa team project berkaitan pada asset itu. Anda dapat memeriksanya lewat halaman LinkedIn mereka.

2. Check Jumlah Likuiditas Dari Developer

Saat sebelum melakukan investasi, yakinkan selalu check jumlah likuiditas yang dipunyai oleh developer. Anda dapat menyaksikan siapakah yang menggenggam token paling atas.

3. Cari Pool Dengan Jumlah Likuiditas Besar

Yakinkan cari likuiditas dengan minimal mempunyai angka 50.000 dolar US didalamnya. Umumnya dalam ranah itu tidak berpeluang terjadi Rug pull. Ini karena beberapa “developer penipu” tidak masukkan nominal besar pada suatu project.

4. Check Lewat Github

Github sebagai hub berbasiskan code untuk meningkatkan project DeFi. Anda dapat cari satu project untuk ketahui perubahan didalamnya. Bila project itu tidak alami perubahan, karena itu bisa saja project itu cuma tipuan saja.

 

Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai Apa Itu Rug Pull Crypto dan Cara Menghindarinya. Semoga artikel yang kami bahas kali ini bisa berguna serta dapat membantu pembaca sekalian dalam mengenal arti rug pill pada crypto. Terimakasih

,